Sabtu, 15 November 2014

LATIHAN PASKIBRA


Paskibra adalah istilah pasukan pengibar bendera merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa untuk memupuk semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan bela negara, kepeloporan dan kepemimpinan, berdisiplin dan berbudi pekerti luhur dalam rangka pembentukkan karakter generasi muda indonesia.

Seperti halnya murid-murid SDN 2 Pabedilankulon setiap sabtu sore berlatih baris berbaris, berlatih dengan gerakan dasar dengan latihan sikap sempurna yang dilatih oleh instruktur pelatih yang berpengalaman di bidang PASKIBRA. latihan dasar baris berbaris ini bertujuan untuk menanamkan rasa kedisiplinan, mempertebal rasa dan semangat kebangsaan dan patriotisme bagi siswa sehingga tumbuh tanggungjawab yang tinggi, menumbuhkan sikap jasmani yang tegap serta menumbuhkan senasib sepenanggungan.

Walaupun baru tingkatan sekolah dasar materi PASKIBRA tetap diajarkan dengan bertujuan untuk memahami latihan gerak dasar, memahami sikap sempurna, memahami cara memberikan penghormatan pada pejabat upacara, bendera merah putih, pada pemimpin upacara juga penghormatan pada pemimpin pasukan. latihan gerak dasar ini dikemas dalam bentuk kegiatan Ekstrakurikuler sekalipun sebenarnya untuk siswa tingkatan sekolah dasar belum sepenuhnya dibolehkan mengadakan kegiatan PASKIBRA, dan biasanya baru boleh ada dilaksanakan di tingkat sekolah menengah pertama yang dibentuk dalam organisasi PASKIBRA. hanya saja di tingkat sekolah dasar kegiatan ini bertujuan agar dapat melaksanakan TATA UPACARA BENDERA dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan Tata Upacara pada umumnya yang dilaksanakan setiap hari senin.

Latihan gerak dasar baris-berbaris yang di laksanakan oleh siswa SDN 2 Pabedilankulon ini merupakan pengenalan terhadap sejarah berdirinya pasukan pengibar bendera sekaligus mengenang, mengingat, memahami sejarah berdirinya bangsa indonesia, oleh karena di harapkan generasi berikutnya khususnya siswa siswi SDN 2 Pabedilankulon dapat meneruskan perjuangan bangsa indonesia dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat demi kemajuan bangsa indonesia serta menumbuhkan rasa tanggungjawab terhadap bangsanya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar